Google
 

Friday, June 1, 2007

Sebuah Awal untuk me-Monetize Blog Anda

Perkembangan blog yang sedemikian pesatnya, menciptakan peluang baru bagi para bloggers untuk menghasilkan dollar.

Banyak program yang tersedia untuk para pemilik website, baik korporat atau perorangan termasuk pemilik blog untuk mendapatkan tambahan penghasilan melalui promosi iklan pihak ketiga di blog yang kita miliki.

Sebagai contoh misal yang sudah terkenal program Adsense, Adbrite, Text-Link-Ads, Bidvertiser, dll. Mereka menyediakan reward yang lumayan bilamana Anda memasang iklan mereka di blog/website pribadi Anda.

Anda diberikan reward bilamana pengunjung blog Anda mengklik iklan yang ada di blog Anda, atau Anda berhasil mengajak pengunjung blog Anda untuk bergabung dalam referral program yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia jasa Ads tersebut.

Tarif atau komisi yang dibayarkan masing-masing perusahaan tersebut satu dengan yang lainnya sedikit berbeda. Biasanya berkisar antara $ 0.001 - $ 0.005 per click. Berbeda halnya jika Anda berhasil mengajak pengunjung blog Anda untuk bergabung dalam referral program yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, komisi yang lebih besar bisa Anda dapatkan.

Ingat, jangan bayangkan bahwa iklan-iklan tersebut Anda bisa klik sendiri untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya komisi dari blog Anda. Karena mereka memiliki semacam software untuk mendeteksi klik yang Anda lakukan valid atau tidak. Biasanya jika menurut penyedia jasa iklan tersebut Account Anda sering terdeteksi terjadi klik yang invalid sesuai dengan ketentuan mereka, maka siap-siap untuk dibanned!

Diantara para bloggers dari Indonesia banyak yang mendapatkan dollar sekitar $500 - $900 dari Adsense, dan paid program lainnya. Yah, untuk ukuran ekonomi kita sebagai orang Indonesia jumlah ini cukuplah untuk menambah biaya koneksi Internet... :)

No comments: